Beranda / Berita / Gempa Bumi M4.8 Guncang Aceh Besar, Tak Ada Kerusakan Dilaporkan

Gempa Bumi M4.8 Guncang Aceh Besar, Tak Ada Kerusakan Dilaporkan

Senin, 21 Oktober 2024 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Arn

Ilustrasi gempa. Foto: Tribunnews


DIALEKSIS.COM | Aceh Besar - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadinya gempa bumi tektonik berkekuatan M4.8 yang mengguncang Kabupaten Aceh Besar dan sekitarnya pada Minggu malam, 20 Oktober 2024.

Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin, S.Si., M.Sc., dalam keterangan resminya menyatakan bahwa gempa terjadi pada pukul 23:13:49 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa pusat gempa terletak pada koordinat 5.31° LU dan 94.34° BT, atau tepatnya di laut pada jarak 126 km Barat Daya Kota Sabang, Aceh, dengan kedalaman 7 km," ujar Andi.

Menurut Andi, gempa ini termasuk jenis gempa dangkal yang disebabkan oleh aktivitas Sesar Besar Sumatra pada segmen West-Andaman. "Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra," jelasnya.

Meskipun cukup kuat, gempa ini hanya dirasakan ringan oleh masyarakat. "Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di daerah Banda Aceh dengan skala intensitas II MMI, yang berarti getaran hanya dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang," tambah Andi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa tersebut. BMKG juga melaporkan bahwa hingga pukul 23:24 WIB, belum terdeteksi adanya gempa susulan.

Menyikapi kejadian ini, BMKG menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," tegas Andi.

Masyarakat dapat mengakses informasi resmi BMKG melalui akun Instagram dan Twitter @infoBMKG, website bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id, telegram channel InaTEWS_BMKG, serta aplikasi mobile WRS-BMKG atau InfoBMKG yang tersedia di iOS dan Android.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda