Beranda / Ekonomi / PT PEMA Kirim 4000 Ton Sulfur Aceh ke Sulsel

PT PEMA Kirim 4000 Ton Sulfur Aceh ke Sulsel

Senin, 21 Oktober 2024 19:30 WIB

Font: Ukuran: - +


PT PEMA Kapalkan 4000 Ton Sulfur Aceh ke Sulsel. Foto: dok PEMA


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - PT PEMA melakukan pengapalan 4.000 ton sulfur dari Pelabuhan Kuala Langsa ke Sulawesi Selatan pada Jumat, 18 Oktober 2024. Pengiriman ini merupakan langkah kedua dalam meningkatkan pasokan sulfur domestik, yang ditinjau langsung oleh Direktur Utama PT Pema Faisal Saifuddin, Direktur Umum dan Keuangan Lukman Age serta perwakilan pembeli.

Direktur Utama PT Pema Faisal Saifuddin menyebutkan proses pengapalan akan selesai dalam waktu empat hari. "Kita menggunakan 2 shift, siang dan malam setiap harinya. Insya Allah akan selesai dalam waktu empat hari kedepan," ujarnya. 

Selama ini, kata dia, pihak mitra memperolah pasokan Sulfur dari Korea Selatan dan Arab Saudi. Jadi dengan adanya pengiriman Sulfur dari Aceh, melalui PT PEMA, dapat mempersingkat pengiriman ke Sulawesi Selatan.

Dalam tinjauan tersebut, ia juga melakukan pemeriksaan ‘stockpile’ penyimpanan sulfur dan mengingatkan agar sentiasa menjaga standar komoditi. 

“Selalu jaga standar yang telah ditetapkan dan selalu menjaga keamanan lingkungan dari pencemaran,” tegasnya.

Sebelumnya, pada Juni 2022 PT PEMA telah melakukan pengiriman perdana sejumlah 6000 ton sulfur ke Riau melalui Pelabuhan Kuala Langsa. Secara global, permintaan sulfur untuk bahan baku industri sangatlah tinggi. Diperkirakan pertumbuhan transaksi untuk Asia - Pasifik mencapai 4.3% per tahunnya. 

Aceh sendiri diketahui memiliki potensi hasil sulfur dari eksplorasi migas yang diprediksi akan menghasilkan rata-rata 900 ton/bulan di masa yang akan datang. Kebutuhan sulfur tersebut, digunakan untuk sejumlah industri seperti pabrik kertas, kosmetik, pupuk dan lainnya.[]

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

riset-JSI
Komentar Anda